Rumah Anda Banyak Tumbuhannya? Berikut Keuntungan dan Kerugian yang Anda Dadapatkan!

Memiliki rumah yang memiliki taman luas dan banyak tumbuhannya adalah impian dari sebagian orang bahkan sampai menyewa jasa desain rumah untuk mendapatkan rumah yang asri dan rindang. Namun tidak semua menyukainya, sebab meskipun pohon atau tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, ternyata juga memiliki beberapa kerugian jika terlalu banyak kita tanam di area rumah kita. Jangan samapai hal yang kita anggap suatu kebaikan hari ini, malah berdampak buruk di hari kedepannya.

Nah, maka dari itu, jika anda suka menanam pohon di halaman rumah, terutama pohon yang berukuran besar, maka perhatikan dulu keuntungan dan kerugiannya. Berikut akan diulas beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kita dapatkan dengan memilih rumah yang memiliki banyak tumbuhan.

Keuntungan Rumah yang Memiliki Banyak Pohon

Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika rumah anda dipenuhi dengan tumbuhan yang rindang nan asri.

1. Lingkungan rumah jadi lebih sejuk dan asri

Dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, maka udara akan lebih sejuk karena asupan oksigen dari pepohonan tersebut yang cukup banyak.  Selain itu, adanya pepohonan yang tumbuh disekitar rumah, juga akan menyerap air hujan yang turun terlalu banyak dan mengakibatkan banjir. Dengan pepohonan yang menyerap banyak air, maka hal tersebut akan sedikit teratasi. Untuk pohon yang ditanam di luar ruangan, sebaiknya pilih pohon yang memiliki akar besar, kuat dan menjalar, supaya dapat menyerap air dengan baik.

2. Berkurangnya polusi udara

Keuntungan kedua yang akan kita dapatan yaitu berkurangnya polusi udara yang akan  kita hirup. Dengan banyaknya pohon yang tertanam, maka semakin banyak pula polusi udara yang diserap oleh pohon sebagai bahan fotosintesis. Kemudian polusi tersebut akan digantikan dengan oksigen yang menjadikan udara lebih sejuk dan segar.

Hal ini tentu sangat berguna bagi anda yang rumahnya bertempat di kota-kota besar dan daerah pabrik yang mengeluarkan banyak polusi udara. Maka jangan ragu untuk menanam pohon di lingkungan rumah anda.

 

3. Mendapat Keuntungan dari Buah yang Dihasilkan

Keuntungan ini dapat kita rasakan ketika memilih untuk menanam pohon yang berbuah seperti pohon mangga, jambu, rambutan, kelengekeng dan lain sebagainya yang kebanyaan orang menanamnya di pekarngan rumah mereka.

Dengan menanam pohon yang berbuah, maka kita akan merasakan manfaatnya yaitu dapat mengkonumsi buahnya secara langsung tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Selain itu, jika pohon yang ditanam banyak dan berbuah banyak pula, maka dapat kita jual itung-itung untuk menambah pemasukan keuangan.

Kerugian Rumah yang Memiliki Banyak Pohon

Setelah mengetahui keuntungannya, selanjutnya kita bahas mengenai kerugian yang kita dapat. Berikut ulasannya.

1. Perlu Waktu Luang Untuk Perawatan

Dibilang menyita banyak waktu dan tenaga karena kita harus merawat dan membersihkan daun-daun yang berguguran setiap hari. Selain itu, kita juga perlu menebang ranting-ranting pohon yang sudah mulai tumbuh besar supaya tidak jadi sarang binatang liar. Hal ini tentu sangat menyita waktu kita, terutama yang tidak memiliki asisten rumah tangga.

2. Kemungkinan adanya hewan liar lebih banyak

Hal ini tentu dapat terjadi di pohon-pohon besar atau ranting-ranting pohon yang sudah mulai tumbuh di daerah rumah anda. Maka dari itu, pastikan pekarangan rumah tetap bersih dan tertata rapi.

3. Merusak pondasi dan lantai rumah

Hal ini dapat terjadi ketika jarak pohon dan rumah terlalu besar. apalagi pohon yang kita tanam adalah jenis pohon yang besar, maka akarnya akan mendekati pondai rumah kita dan dapat merusak lantainya. Maka dari itu, pastikan jarak antara pohon dan rumah tidak terlalu dekat.